3 Makanan Ini Berbahan Dasar Tepung Aci

Cireng atau aci digoreng. Jajanan pasar yang berasal dari sunda Jawa Barat. Ya makanan yang berbahan dasar tepung aci ini merupakan jajan pasar yang banyak disukai. Cireng dengan bumbu kacang merupakan jajanan yang kini tengah mejadi trend. Dan banyak yang menjual makanan ini. Ada juga cireng sunda, cireng ini ada isi didalamnya. Ada yang berisi sosis, daging ayam, kacang, dan variasi makanan lainnya. Saking banyaknya yang suka dengan makanan ini, ada produsen yang menjual tepung bumbu cireng di pasaran. Sehingga kita bisa dengan mudah membuat cireng yang renyah dan enak sendiri di rumah. Selain cireng ada 3 jenis makanan yang terbuat dari tepung aci, yaitu :

 

  • Cilok

 

Cilok itu adalah aci dicolok. Cilok dimasukkan ke dalam plastik lalu kita memakannya dengan tusukan sate, itulah cara memakan jajanan ini. Cilok biasanya dicampur dengan bumbu kacang juga dengan kecap. Selain itu juga bisa dengan siraman saus cabe. Penjual jajanan inipun kini sudah memvariasikan makanan ini. Selain cilok yang original yaitu cilok tanpa isi. Ada juga kini cilok dengan isi telur, abon, sosis, atu isi lainnya.

 

  • Cilor

 

Cilor ini seperti cilok hanya saja jajanan ini digoreng setelah dilumuri dengan kuning telur sehingga dinamakan cilor atau aci telor. Cilor ini juga dalam penyajiannya dicampur dengan saus cabe. Awalnya cilor ini bentuknya bulatan bulatan putih yang kecil yang ditusuk seperti sate, namun sekarang ada penjual dengan cilor yang ukuran lebih besar. Tapi menurut saya cilor yang kecil kecil lebih enak daripada yang besar.

 

  • Cimol

 

Cimol ini mungkin singkatan dari aci digemol. Sama seperti cilok dan cilor bentuknya bulat putih. Adonan cimol ini digoreng lalu diberi bumbu kering seperti bumbu asin, cabe bubuk, atau bubuk keju. Tekstur dari cimol ini agak keras karena langsung digoreng tanpa melalui proses pengukusan. Berbeda dengan cilor yang kenyal, karena sebelum digoreng cilor dikukus terlebih dahulu.

Selain ketiga makanan diatas ada juga yang terbaru yaitu cibay. Tapi mungkin makanan ini belum terlalu familiar. Hanya baru di beberapa daerah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *