Penyebab Kulit Berminyak dan Cara Mengatasinya

Kulit berminyak pada wajah disebabkan oleh adanya kelenjar sebaceous yang bekerja secara berlebihan pada sel kulit sehingga memproduksi minyak dalam jumlah banyak. Produksi minyak secara berlebihan dapat mengakibatkan timbulnya jerawat, komedo, serta noda-noda hitam pada wajah. Hal ini menjadi sangat merepotkan bagi kaum wanita karena dapat merusak kecantikan wajah yang dimiliki. Diperlukan cara  merawat kulit wajah berminyak secara khusus untuk menanggulangi produksi minyak pada wajah. Secara garis besar, penyebab dari wajah berminyak adalah :

  1. Faktor genetic
  2. Penggunaan kosmetik yang tidak tepat
  3. Tidur terlalu larut malam
  4. Pengaruh hormone
  5. Konsumsi makanan berminyak dalam jumlah yang banyak
  6. Stress yang berlebihan
  7. Pengaruh kondisi cuaca

Cara merawat kulit wajah berminyak adalah dengan rajin mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayuran juga konsumsi air putih setiap hari dalam jumlah banyak. Hal ini akan membantu mengurangi dan menyeimbangkan kadar minyak dalam tubuh. Kadar minyak yang dimiliki pada kulit dalam jumlah yang sewajarnya, akan memiliki keuntungan tersendiri bagi kulit wajah. Keuntungan tersebut berupa :

  1. Memperlambat proses penuaan dan meremajakan kulit. Karena minyak berfungsi untuk mencegah terjadinya kerutan pada wajah sehingga akan tampak awet muda.
  2. Kulit lembab secara alami, karena tidak perlu menggunakan berbagai macam produk pelembab untuk melembabkan kulit.
  3. Tidak mudah terkelupas. Kulit wajah yang kering akan menyebabkan kekeringan sehingga kulit mudah terkelupas dan bersisik. Dengan memiliki wajah berminyak, wajah akan terjaga kelembabannya sehingga tidak mudah kering.

Meskipun kulit wajah berminyak memiliki keuntungan, namun harus tetap dijaga agar tidak menimbulkan produksi minyak secara berlebih. Cara merawat kulit wajah berminyak bisa dengan menggunakan produk perawatan khusus untuk berminyak. Namun berhati-hatilah memilih produk karena tidak semua produk perawatan cocok untuk setiap orang meskipun harganya mahal. Pilihlah produk perawatan yang benar-benar sudah teruji dengan baik dan digunakan oleh banyak orang. Pilih produk yang masih menggunakan bahan alami karena bahan alami akan lebih dapat merawat dan menjaga kulit berminyak agar menjadi sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *