Obat Alami Yang Efektif Untuk Mengobati Batuk Pada Anak

Sebabkan Epilepsi, Ketahui 5 Fakta Mengenai Batuk Rejan Anak

Memasuki musim penghujan ini, biasanya banyak orang-orang yang terserang berbagai jenis penyakit seperti demam, flu, pilek, dan batuk. Terutama untuk kalangan anak-anak, dimana merekalah yang paling rentan terhadap serangan penyakit tersebut. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, daya tahan tubuh pada anak-anak itu belum sekuat daya tahan tubuh pada orang dewasa. Dengan demikian, maka tak heran jika si kecil selalu terserang penyakit batuk yang disertai pilek saat musim penghujan tiba. Berbicara soal mengobati batuk pada anak, mungkin kebanyakan dari kita akan menggunakan obat-obat yang biasa dibeli di apotik atau membawa si kecil ke dokter anak. Padahal, ada beberapa bahan alami yang dapat dijadikan obat batuk anak lho. Nah, untuk mengetahui lebih lanjutnya lagi, mari kita simak saja langsung paparannya di bawah ini :

  1. Menggunakan Madu & Jeruk Nipis

Obat alami pertama yang efektif untuk mengobati batuk pada anak, yaitu dengan menggunakan madu & jeruk nipis. Lantas, bagaimanakah cara menggunakannya? Pertama-tama, siapkan beberapa buah jeruk nipis, peras airnya, lalu sisihkan kedalam wadah. Campurkan dengan madu murni sebanyak 1 sendok makan, kemudian aduk-aduk agar tercampur rata. Jika sudah demikian, silahkan suapkan pada si kecil agar batuknya segera mereda. Selain mencampurnya dengan madu, cara lainnya yang efektif untuk mengobati batuk pada anak, yakni dengan mencampurkan jeruk nipis tersebut pada segelas air hangat, kemudian minum sampai habis.

  1. Menggunakan Jamu Kencur

Ini dia salah satu ramuan tradisional yang sudah terbukti manjur dalam mengobati batuk, baik pada anak maupun orang dewasa. Berdasarkan dari hasil penelitian, tanaman kencur ini memiliki senyawa aktif yang dapat melegakan tenggorokan dan mengencerkan lendir atau dahak sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah. Kencur tersebut bisa dikonsumsi secara langsung, atau dijadikan segelas jamu.

  1. Menggunakan Wedang Jahe

Sama halnya dengan kencur, jahe juga merupakan salah satu jenis tanaman yang dalam mengobati batuk pada anak. Namu dari beberapa jenis jahe yang ada, jenis jahe merahlah yang diyakini paling ampuh untuk mengobati batuk lho. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, jahe merah ini memiliki kandungan minyak astiri 2,5 % yang jauh lebih banyak ketimbang jenis jahe lainnya.

Kita langsung saja ke cara membuat ramuannya, siapkan 1 ruas jahe, cuci sampai bersih, kemudian bakar hingga aromanya menyeruak. Setelah itu geprek jahenya sampai hancur, lalu rebus dengan air sebanyak 250 ml sampai mendidih. Sisihkan kedalam gelas, tambahkan dengan gula atau susu secukupnya sambil diaduk-aduk, dan tunggu sampai airnya hangat. Jika sudah hangat, suruh si kecil untuk meminumnya hingga habis tak tersisa. Apabila ingin lebih simple lagi, anda bisa membeli wedang jahe instant yang ada di warung maupun di minimarket.

  1. Menggunakan Buah Lemon

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal pada buah berwarna kuning dan memiliki rasa asam ini? Ya, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan buah lemon. Berdasarkan dari hasil penelitian, buah lemon kaya akan kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Nah, antioksidan tersebutlah yang dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dalam melawan radikal bebas dan vius penyebab batuk Caranya pun sangat mudah, campurkan perasan air lemon dengan madu, aduk-aduk, kemudian suruh si kecil untuk meminumnya.

Itulah beberapa obat alami yang efektif untuk mengobati batuk pada anak. Apabila batuknya tidak kunjung mereda, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter spesialis anak.

 

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *