2 Resep Rawon Daging Yang Harus Bunda Coba!

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa rawon merupakan salah satu kuliner khas nusantara yang cukup populer di Indonesia. Ya, terutama di daerah pulau Jawa, dimana sebagian besar masyarakatnya sudah kenal betul dengan hidangan yang satu ini. Ya, terang saja demikian, sebab rawon itu sendiri berasal dari provinsi Jawa Timur yang kelezatan rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika dilihat dari segi bahan-bahannya, sepertinya resep rawon dan sop daging itu tidak terdapat perbedaan yang mencolok. Akan tetapi, salah satu yang menjadi pembeda antara rawon dengan sop daging itu terdapat pada bagian kuahnya, dimana rawon mempunyai kuah yang berwarna hitam pekat. Nah, warna kuah tersebutlah yang menjadi daya tarik tersendiri pada hidangan rawon. Menurut kabar yang beredar, warna kuah yang hitam pekat pada rawon ini berasal dari buah kluwek yang direndam pada air hangat dan dihaluskan kemudian direbus. Untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai 2 resep rawon daging. Maka dari itu simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

Resep dan Cara Membuat Rawon Daging, Bikin Lidah Bergoyang

1. Rawon Daging Manisa Muda

Bahan-bahan Utama :

– ½ kg daging sapi (rebus sampai empuk)

– 2 buah manisa muda ukuran sedang (potong kotak)

Bahan-bahan Bumbu Halus :

– 5 butir bawang merah

– 3 butri bawang putih

– 3 buah kluwek

– 4 buah kemiri

– jinten dan ketumbar secukupnya

– 2 batang serai (geprek)

– 4 lembar daun jeruk

– 3 batang daun bawang (iris)

– garam, lada, penyedap rasa secukupnya.

– air dan minyak goreng untuk menumis secukupnya.

– air kaldu secukupnya (air rebusan daging sapi)

Cara Membuat :

* Silahkan rebus daging sapinya sampai empuk, angkat, dan tiriskan. Jika dagingnya sudah agak dingin, silahkan potong kotak atau sesuai selera bunda.

* Selanjutnya cuci manisa muda hingga bersih, kemudian potong-potong kotak atau sesuai selera.

* Siapkan ulekan lalu tumbuk bahan bumbu halusnya (kecuali daun jeruk, serai, dan daun bawang). Setelah itu panaskan wajan dengan api yang sedang, kemudian tumis bumbu halusnya hingga tercium aroma harum. Kemudian tambahkan serei dan daun jeruk, lalu tumis kembali selama 1 -2 menitan.

* Setelah itu siapkan panci yang berisi air mendidih, lalu masukkan bahan bumbu halus kedalamnya. Kemudian tambahkan lada, garam, dan penyedap rasa secukupnya sambil diaduk-aduk sebentar.

* Sajikan rawon kedalam mangkuk selagi masih hangat, dan jangan lupa juga untuk menambahkan irisan bawang daun dan bawang goreng ya!

2. Rawon Daging Sapi Mantul

Bahan-bahan :

– 1/2 kg daging sapi

– 3 lembar daun jeruk

– 2 buah daun bawang (iris kecil-kecil)

– ½ perasan jeruk nipis

– 7 siung bawang putih

– 10 siung bawang merah

– 3 buah kemiri

– ½ sdm ketumbar

– 1 ruas lengkuas

– 3 buah kluwek (rendam daam air hangat)

– merica bubuk secukupnya

Cara Membuat :

* Cuci daging sapi hingga bersih, kemudian potong-potong sesuai selera, dan rebus. Masukkan juga jahe dan perasan jeruk nipis kedalamnya.

* Siapkan bahan bumbunya seperti bawang merah, bawang putih, merica bubuk, kemiri, ketumbar, lengkuas, kluwek, lalu haluskan. Tumis bahan bumbu halus tersebut hingga harum, lalu tambahkan sereh dan daun jeruk.

* Masukkan bahan bumbu halus tersebut kedalam rebusan daging ayam kemudian tambahkan daun bawang, penyedap rasa, garam, dan aduk-aduk sebentar, dan selesai sudah!

Itulah 2 resep rawon daging yang lezat dan simple, yang tentu saja wajib bunda coba sendiri dirumah.

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *