Rasa Pusing Akibat Cedera Pada Kepala dan Cara Mengobatinya

Saat Anda mengalami benturan atau cedera pada bagian kepala, selain rasa sakit maka pusing juga bisa dirasakan. Rasa pusing atau sakit pada kepala tersebut berbeda dengan sakit kepala pada umumnya yang bisa Anda sembuhkan dengan mengonsumsi obat pusing goapotik seperti biasa. Jika tidak segera ditangani cedera pada kepala dapat mengakibat dampak lainnya.

Menangani Luka Ringan Pada Kepala

Ada banyak hal yang menjadi penyebab utama terjadinya luka cedera pada kepala, salah satunya adalah terjadinya benturan pada kepala. Hal tersebut dapat mengakibatkan cedera seperti timbulnya luka ringan, luka memar, dan sebagainya. Cedera bisa mengganggu fungsi otak, dan membuat penderita merasakan keluhan seperti pusing, mual, dan daya ingat menurun.

  1. Bersihkan Luka

Hal utama yang perlu dilakukan adalah dengan membersihkan luka dan kotoran yang menempel pada kepala yang mengalami pendarahan. Anda dapat menggunakan cairan garam atau cairan steril agar luka menjadi lebih bersih. Hindari penggunaan cairan pembersih seperti alkohol dan sebagainya pada luka yang terbuka, karena dapat memperparah keadaan.

  1. Berikan Antibiotik

Pemberian antibiotik pada luka di kepala dapat mencegah terjadinya infeksi luka yang berlanjut. Selain itu antibiotik juga berguna untuk mempercepat kesembuhan luka, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pertolongan utama pada cedera ringan. Gunakan juga obat pereda nyeri, jika luka cukup besar dan mengakibatkan rasa sakit yang cukup parah.

  1. Tutup dengan Kain Kasa

Jika sudah diobati dan dilakukan penangan utama maka Anda bisa menutup bagian yang terluka tersebut dengan menggunakan kain kasa yang lembut. Pastikan kain tersebut steril agar tidak memicu pertumbuhan bakteri dan kuman pada luka tersebut. Pastikan untuk selalu mengganti kain tersebut setiap hari, cara ini bisa dijadikan sebagai tips luka cepat kering di kepala.

  1. Hindari Penggunaan Salep

Pada luka yang diakibatkan oleh beberapa hal tidak direkomendasikan untuk menggunakan salep untuk pertolongan utamanya. Anda cukup menggunakan obat luka yang cukup banyak direkomendasikan untuk dapat menyembuhkan cedera tersebut. Biasanya dokter akan memberikan obat khusus untuk membantu agar luka dapat lebih cepat kering.

 

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *