Mengenal Lebih Jauh Lagi Furniture Yang Berbahan Kayu Mahoni

Mahoni merupakan salah satu jenis kayu yang sudah familiar di Negara Indonesia, terlebih dalam penggunaannya sbegai bahan dasar furniture. Sejatinya, kayu mahoni ini memang tidak sekokoh kayu jati. Kendati demikian, kualitas dari kayu mahoni juga tidak kalah dengan kayu jati lho. Bahkan, harga furniture kayu mahoni jauh lebih murah ketimbang kayu jati. 

Keberadaan kayu mahoni itu sendiri tidak terlalu sulit untuk kita jumpai di berbagai daerah Indonesia, terlebih di Pulau Jawa. Ya, jenis kayu yang satu ini memang selalu menjadi pilihan utama untuk bahan dasar furniture, karena masa tanamnya yang cukup singkat serta harga yang relative terjangkau. Bukan hanya itu saja, kayu mahoni tersebut juga mempunyai tekstur yang jauh lebih lunak sehingga membuatnya mudah dibentuk. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai furniture kayu mahoni, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

Karakteristik Kayu Mahoni

Meski semua jenis kayu itu memiliki bentuk yang sama, namun masing-masingnya itu mempuyai karakteristik yang berbeda-beda. Bagi kamu yang ingin menggunakan furniture berbahan kayu mahoni, tentu saja kamu wajib mengetahui karakteristiknya. 

Jenis Serat Kayu yang Mirip Kayu Jati

Perlu kalian ketahui, bahwa kayu mahoni mempunyai karakter serta yang lurus sehingga hampir mirip dengan kayu jati. Itu sebabnya, mengapa kayu mahoni ini merupakan alternative terbaik sebagai pengganti kayu jati. Serat lurus yang dimilikinya itu dapat membuatnya mudah dibentuk dan dimodifikasikan menjadi berbagai model tanpa mengurangi nilai keindahannya.

Semakin Tua, Maka Warnanya Akan Semakin Matang

Kayu mahoni yang masih muda mempunyai warna yang pucat, sehingga warnanya memang kurang menarik untuk dibuat furniture. Tapi, warna kayu tersebut akan semakin matang dan menjadi menarik seiring usianya yang semakin tua. Pada umumnya, kayu mahoni yang berumur lebih dari 20 tahun akan menampilkan warna merah hati yang begitu mencolok. 

Jenis Finishing Yang Bervariasi

Apabila kamu ingin mempertahankan warna alami mahoni yang tajam, maka kamu bisa menggunakan bahan finishing yang terbuat dari water acrylic based. Pasalnya, bahan tersebut mampu memperkuat tampilan warna asli dari mahoni tanpa sentuhan warna lain. Selain itu, disarankan juga bagi kamu untuk memilih tipe warna mahogany agar dapat menghasilkan kesan lebih natural. Bahkan, kamu pun dapat mengaplikasikannya pada kayu dengan cara di oles menggunakan bali, disemprot, dan menggunakan kuas. Lain halnya ketika memilih pelitur atau pernis, maka tampilan kayu setelah finishing akan tampak lebih pucat, sehingga ketajaman warna merahnya tidak akan menonjol. 

Keunggulan Kayu Mahoni

  1. Karakter serat kayu yang halus, lurus, dan bervariasi, sehingga dapat menampilkan kesan natural dan mewah pada furniture. 
  2. Memiliki daya tahan penampang kayu yang sangat stabil, sehingga membuatnya tidak mudah menyusut maupun pemuaian selama puluhan tahun. Itu sebabnya, mengapa kayu mahoni juga kerap digunakan bahan dasar untuk membuat gitar.
  3. Mempunyai kandungan minyak alami yang rendah, sehingga tidak akan meninggalkan bekas noda kekuningan pasca proses finishing. 
  4. Harga yang jauh lebih murah dibandingkan jenis kayu jati. Dengan penawaran harga yang lebih murah, tentunya kamu akan mendapatkan furniture yang mewah dan berkualitas tinggi. 

Demikianlah ulasan singkat seputar karakter dan keunggulan furniture berbahan kayu mahoni, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi. Nah, jika kamu ingin membeli furniture berbahan kayu secara online dengan harga terjangkau, silahkan kunjungi situs Bramble Furniture

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *