Hal Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Bandung

10 Tempat Wisata di Bandung yang Sarat Sejarah, Unik dan Epik

Bandung merupakan kota metropolitan yang ada di Jawa Barat, yang juga menjadi ibu kota provinsi tersebut. Bandung juga menjadi Kota terbesar ketiga di Indonesia, sesudah Jakarta dan Surabaya jika dilihat dari penduduknya. Letak kota Bandung sendiri dekat dengan wilayah pegunungan dan mempunyai cuaca yang relatif dingin. Kota Kembang adalah nama lain dari Bandung. Bandung juga terkenal dengan julukan ‘ Paris Van Java ‘ yang dikenal di masa kolonial Belanda.  Soalnya pada jaman kolonial Bandung mempunyai kemiripan ddengan kota Paris, dilihat pada suasana Jalan Braga di tahun 1920an. Saat ini Kota Bandung juga lebih dikenal sebagai kota belanja dan wisata. Memanag lengkap jika membicarakan tempat wisata di bandung, akomodasi hotel paling murah sampai hotel berbintang paling mahal. 

Sedikit sejarag dari Bandung. Nama Bandung sendiri adalah dari kata Bendung atau Bendungan hal ini dikarenakan terbendungnya sungai citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu yang kemudian membentuk telaga. Jika dilihat dari filosofi Sunda, kata Bandung berasal dari kalimat Nga-Bandung-an Banda Inung yang merupakan kalimat sakral dan juga luhur yang mengandung nilai ajaran Sunda yang berbudo. Nga-Bandung-an sendiri berarti menyaksikan atau bersaksi. Dan Banda amerupakan segala sesuatu yang ada di alam hidup yaitu bumi dan atmosfer, baik mahkuk hidup juga benda mati.

Jika dilihat secara geografis Kota Bandung, akan terlihat dikelilingi oleh pegunungan, dan hal ini memperlihatkan bahwa di masa lalu kota Bandung ini adalah sebuah telaga atau danau. Kota Bandung mulai dijadikan sebagai kawasan pemukiman berawal sejak era kolonial Hindia-Belanda.

Pada saat perang memperjuangkan kemerdekaan, Kota Bandung di juluki dengan ‘ Bandung Lautan Api’ Hal ini dikarenakan karena peristiwa bersejarah di tahun 1946, yang menceritakan perjuangan masyarakat Bandung pada saat melawan penjajah dari Belanda dan juga Inggris. Pada waktu yang bersamaan sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka dengan tujuan supaya kota Bandung tidak dimanfaatkan oleh penjajah untuk kebutuhan mereka sebagai markas militer atau penyedia logistik.

Pada tanggal 18 April 1955 bertempat di Gedung Merdeka yang dinamai Concordia, Jalan Asia Afrika, yang tak jauh dari alun-laun Bandung juga saat ini letaknya bersebrangan dengan Hotel Savoy Homann, diadakannya pertama kalinya Konferensi Asia Afrika oleh presiden Soekarno juga kemudian kembali KTT Asia-Afrika 2005 diadakan di kota ini pada tanggal 19-24 April 2005.

Untuk pergi ke Bandung sendiri bisa memakai pesawat terbang dan mendarat di Bandara International Husein Sastranegara, Bandara ini terletak diujung jalan Pajajaran, sekitar 4km dari pusat kota. Dari Badnara tidak tersedia taksi argo. Pada umumnya pihak hotel meyediakan gratis jasa antar jemput di Bandara. Untuk di darat ada beberapa transportasi umum sepeti naik bus. Yang bisa turun di terminal leuwi panjang. Melayani bus-bus dari Jabodetabek, Pandeglang, Banten, Tangerang. Dan terminal caheum untuk jalur Cirebon, garut, Tasikmalaya, Banjar, Pangandaran, Indramayu. Ada juga travel agent yang bmelayanu anda dengan mobil mini van 6-12 kursi yang nyaman. Dan terkahir anda bisa menaiki kereta apu ke bandung. Untuk ketepatan waktu dan menghindari kemacetan yang mempunyai dua stasiun kereta utama yaitu. Stasiun Bandung yang melayani rute dari Jakarta, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. Dengan stasiun Kiaracondong yang juga melayani rute yang sama kecyali jakartau nutk kelas ekonomi.

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *