Persyaratan Nikah Wanita Dan Laki Laki Di KUA

Cara Nikah Online yang Mudah, Modern, dan Praktis ala 'OTW Nikah'

Keinginan setiap pasangan adalah menikah. Bangun bahtera rumah, punya anak, dan terus hidup damai dengan pasangan Anda sampai Anda mati. Sebelum Anda dapat menikah, ada sejumlah dokumen dan lisensi yang harus Anda dapatkan. Ini adalah prosedur yang panjang untuk mendapatkan surat nikah, tetapi Anda dapat melakukannya sendiri.

Menurut Dasar Hukum Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2019 tentang Pencatatan Nikah, di bawah ini adalah uraian persyaratan nikah wanita dan laki laki, untuk mendapatkan akta nikah di KUA. Jika Anda telah memenuhi atau melampaui banyak kriteria untuk mengelola pernikahan, Anda siap untuk melanjutkan ke tahap terakhir dari manajemen.

Setelah memenuhi semua kriteria, langkah terakhir adalah memproses berkas di KUA setempat. Dokumen-dokumen berikut harus disiapkan: N1, N2, dan N4 dari kedua calon pengantin; KTP dan fotokopi kedua calon pengantin; Kartu Keluarga dan fotokopi kedua calon mempelai; Akta kelahiran calon pengantin; sertifikat pengantin terbaru; Pas foto kedua calon pengantin, ukuran 4 5 lembar 6 dengan latar belakang biru.

Biaya Menikah

persyaratan nikah wanita dan laki laki dengan Harga resmi untuk menikah di luar KUA dan meminta kepala untuk melakukan akad nikah di rumah atau gedung Anda adalah Rp. Namun, biaya ini harus dibayar jika pernikahan terjadi di luar jam kerja KUA. Biaya ini dapat segera disetorkan ke rekening bank yang ditentukan. Biasanya, dana tersebut dipindahkan ke rekening bank milik negara (BUMN) atau bank daerah di tingkat lokal. Jika Anda menikah antara Senin dan Jumat, tidak ada biaya.

Sedangkan menikah langsung di KUA sepenuhnya gratis. Hal itu disebutkan dalam situs Direktorat Jenderal Pembinaan Umat Islam (Bimas Islam). Setelah mempelajari cara merawat akta nikah dengan benar, ada beberapa hal lagi yang perlu dipertimbangkan selama prosedur. Hal ini harus dilakukan agar tidak perlu melakukan perjalanan bolak-balik yang akan memakan banyak waktu.

Persyaratan Penting Akad

Berikut adalah beberapa persyaratan nikah wanita dan laki laki di antaranya jangan lupa untuk menyertakan KTP dan Kartu Keluarga Anda, serta surat pengantar dari RT dan RW, saat menyerahkan surat pengantar ride-hailing Anda. N1, N2, dan N4 dapat ditangani di kantor kelurahan berdasarkan tempat tinggal calon pengantin. Mengatur agar akta nikah dikirim ke KUA terlebih dahulu untuk memastikan tanggal akad yang dipilih tetap tersedia. Mengingat data dalam buku nikah harus bebas dari kesalahan, Anda dan pasangan akan melakukan sesi tanya jawab dengan petugas KUA untuk memeriksa data yang diberikan.

Lampiran persyaratan nikah, antara lain fotokopi ktp, akta kelahiran, dan c1 (kartu kk). Diperlukan fotokopi kartu imunisasi tt. Foto latar belakang biru 2 x 3, masing-masing 5 lembar. Sertifikat perceraian dari pennsylvania untuk janda/duda yang bercerai. Dispensasi dari pa jika usia anak kurang dari 16 tahun untuk perempuan dan 19 tahun untuk laki-laki. Izin pengawas personel tni/polri, jika ayah meninggal, akan diterbitkan akta kematian; jika wali tidak bertahan dari kelurahan setempat, akan diterbitkan sertifikat wali. Jika kurang dari sepuluh hari, diperlukan dispensasi camat; jika tidak, n5 (izin orang tua) diperlukan jika usia caten kurang dari dua puluh satu tahun. N6 surat keterangan kematian suami/istri bagi janda/duda

Jangan lupa beri tahu penghulu tentang jam akad nikah, mekanisme penjemputan penghulu, dan tata cara akad nikah. Menyiapkan keterangan bagi wali nikah dan saksi perkawinan berupa fotokopi KTP masing-masing. Sementara menyediakan transportasi untuk penghulu tidak diperlukan, lebih baik jika Anda melakukannya agar semua prosedur berjalan sesuai keinginan Anda. Prosedur untuk mendapatkan akta nikah melalui KUA adalah unik bagi pasangan Muslim.