Suka Konsumsi Jahe Merah? Inilah 5 Manfaatnya!

Jahe Merah  | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Jahe merah dikenal sebagai salah satu jenis tanaman herbal yang berperan penting untuk memelihara kesehatan tubuh karena dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Bukan hanya itu saja, penggunaan jahe merah juga sudah diterapkan sejak ribuan tahun silam.

Kepopuleran jahe merah sendiri disebabkan oleh adanya kandungan zat maupun senyawa alami yang terdapat di dalamnya. Tidak heran, rempah-rempah yang satu ini pun dikenal efektif sebagai obat herbal tradisional.

Beruntung, kita bisa menemukan jahe merah secara mudah karena ada TaniHub yang merupakan platform penyedia sayur dan buah No. 1 di Indonesia. Di sini, jahe merah hasil budidaya dari petani lokal bisa secara langsung kita beli.

Apalagi, jahe merah sendiri memang berperan penting sebagai salah satu jenis tumbuhan herbal yang memberikan manfaat untuk kesehatan. Apabila kita bandingkan dengan jahe biasa, maka kita bisa merasakan sendiri bahwa jahe merah rasa dan aromanya lebih kuat dan pedas.

Sementara itu, jahe merah sebagian besar memberikan manfaat karena adanya minyak esensial alias minyak atsiri. Terlebih, ada juga senyawa bioaktif yang memiliki kandungan beragam, seperti shogaols, paradols, serta gingerol.

Dibandingkan dengan jahe putih, jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri dan senyawa bioaktif yang lebih banyak. Jahe merah akan berperan sebagai senyawa antioksidan yang memiliki kandungan antibakteri, antijamur, antikanker, serta antiradang. Nah, untuk mengetahui khasiat lengkap tanaman yang satu ini, yuk intip ulasan berikut

1. Membuat rasa mual berkurang

Ketika seseorang mengonsumsi teh herbal maupun jamu yang terbuat dari kandungan jahe merah, maka ia bisa menekan risiko terkena masalah pencernaan seperti misalnya perut kembung, sembelit, sakit perut, maupun mual. Apalagi, memang tanaman herbal yang satu ini dikenal ampuh untuk mengatasi masalah-masalah pada perut.

2. Membuat mulut tetap sehat

Di samping berkhasiat untuk memelihara kesehatan perut, kesehatan mulut kita pun akan terjaga ketika kita memakan jahe merah. Soalnya, jahe merah memiliki kandungan senyawa bioaktif yang dikenal dengan istilah gingerol.

Gingerol ini akan memberikan efek antijamur, antibakteri, serta antivirus sehingga dapat kita andalkan untuk melawan bakteri, jamur, maupun virus yang menimbulkan masalah kesehatan di mulut.

3. Memelihara daya tahan tubuh

Berkat adanya jahe merah, kita dapat membuat tubuh kita tetap fit dan kebal untuk terhindar dari bermacam-macam infeksi virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Sementara itu, adanya ekstrak jahe merah pun memiliki kandungan antiradang maupun pereda demam alami. Tidak heran, jahe merah dapat untuk dikonsumsi sebagai pemulihan dari badan yang sakit.

4. Mengurangi rasa nyeri

Saat kita mengonsumsi jahe merah, maka rasa nyeri yang terdapat pada tubuh kita, misalnya seperti sakit kepala, sakit, gigi, nyeri otot, serta nyeri sendi dapat berkurang.

Bukan hanya itu saja, jahe merah pun berperan penting untuk membuat rasa nyeri sendi yang disebabkan oleh radang sendi berkurang. Apalagi, ada kandungan zat antiradang dan pereda nyeri pada tanaman ini.

5. Mengurangi rasa nyeri akibat haid

Ternyata, bukan hanya nyeri sendi dan otot saja yang efektif untuk diredakan menggunakan jahe merah. Pasalnya, jahe merah juga memiliki efek antiradang yang berperan penting agar nyeri haid parah dapat mereda.

Di samping itu, manfaat jahe merah ini sudah menyerupai obat pereda nyeri, misalnya seperti ibuprofen maupun paracetamol. Maka dari itu, kita yang sedang haid direkomendasikan untuk mengonsumsi jahe merah.