Ucapan Pernikahan Islami Indah dan Berkesan

40 Ucapan Pernikahan Islami Sederhana Penuh Doa dan Makna | Indozone.id

Ucapan pernikahan Islami menjadi hal yang penting untuk disampaikan kepada pasangan pengantin yang tengah berbahagia. Berikut ini adalah berbagai ucapan yang bisa menjadi referensi untuk Anda disertai dalil hadis terkait keutamaan menikah.

  1. Selamat Menempuh Hidup Baru untuk Meraih Pahala

Menikah dengan tujuan takwa akan mendapatkan pahala, karena ada hadis yang membahasnya. Diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah saw pernah bersabda bahwa menikah itu termasuk ke dalam sunah Nabi. 

Bagi yang tidak mengamalkan sunah Nabi, maka ia termasuk tidak mengikuti jalan Nabi, menikahlah. Karena sesungguhnya Nabi saw membanggakan kalian atas umat-umat yang lain, siapa yang mempunyai kekayaan maka menikahlah.

Siapa yang tidak mampu maka hendaklah ia berpuasa, maka sungguh puasa itu tameng baginya. Ucapan pernikahan Islaminya, semoga Allah Swt menyempurnakan kebahagiaan kalian dan menjadikan pernikahan kalian sebagai bagian dari ibadah kepada-Nya.

  1. Selamat Berbahagia dalam Ikatan Pernikahan yang Sesuai Anjuran dari Allah dan Rasul-Nya

Anas bin Malik ra, menuturkan sabda dari Rasulullah saw. Siapa saja yang ingin bertemu Allah dalam keadaan yang suci dan disucikan maka menikahlah dengan perempuan merdeka.

Ucapan pernikahan Islami untuk pengantinnya bisa dengan bahasa arab, yaitu barakallahu laka wabaarakaa alaika wa jamaa bainnakumaa fii khoirin. Yang artinya semoga Allah memberikan keberkahan dalam segala hal dan mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan.

  1. Selamat Mengarungi Bahtera Rumah Tangga yang Akan Memperlancar Rezeki

Dituturkan dari Ibnu Abbas yang diriwayatkan oleh Ad-Dailami, Rasullullah saw bersabda, carilah rezeki dengan menikah. Ucapan pernikahannya bisa dengan, barakallahu lakum wabaraka alaikum, artinya mudah-mudahan mudah-mudahan  memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan.

  1. Happy Wedding, Menikah itu Ibadah

Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Ya’la ini berasal dari Anas bin Malik ra yang menuturkan bahwa Rasulullah saw bersabda. Siapa yang menikah maka sesungguhnya ia telah diberikan setengah ibadah.

Untuk ucapan pernikahan Islami kepada pengantinnya bisa dengan kata-kata, semoga menjadi pasangan yang sejati di dunia hingga akhirat. Semoga dikaruniai keturunan yang saleh dan salehah, menjadi keluaran samawa, sakinah, mawadah, warahmah.

  1. Selamat Berbahagia dalam Pernikahan yang Membuka Pintu Bersedekah

Hadis riwayat Ahmad dan Ath-thabarani ini dituturkan oleh bAl-Miqdam bin Ma’di Karina, bahwasanya Rasulullah saw bersabda. Apa yang kamu nafkahkan kepada istrimu itu adalah sedekah, jadi dengan menikah Anda bersedekah setiap hari karena menafkahi istri.

Andai bisa mengucapkan pada pengantin dengan ucapan barakallahu lakuma wa ja’a baina kuma fii Khair. Yang artinya semoga berkah Allah film kepadamu dan menghimpun engkau dalam kebahagiaan.

  1. Selamat Membuka Lembar Hidup Baru, Perempuan Mulia dalam Pernikahan

Hadis riwayat Ad-Dailami dan Ats-Tsa’labi ini berasal dari Abu Hurairah Ra yang mengatakan Rasulullah pernah bersabda. Perempuan merdeka itu baiknya rumah, sedangkan budak perempuan itu rusaknya rumah.

Ucapan untuk pengantin bisa dengan kata semoga pernikahan ini membawa kebahagiaan untuk pengantin dan orang-orang sekitar. Semoga Allah merahmati dan meridai kalian berdua dalam kebaikan.

  1. Selamat Berbahagia Karena Menikah Menjadi Golongan yang Ditolong Allah

Dari hadis riwayat Ahmad, Rasullullah bersabda Ada tiga kelompok manusia yang akan ditolong oleh Allah, pertama mujahid. Kedua pemuda yang menikah untuk menjaga kehormatannya, ketiga budak yang berusaha memerdekakan diri.

  1. Selamat Membuka Lembaran Kebahagiaan yang Terjaga dari yang Haram

Hadis riwayat Muslim ini menjelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda. Sesungguhnya wanita maju dalam rupa setan serta membelakangi juga dalam rupa setan.

Apabila salah seorang dari kalian melihat wanita yang mengagumkan, maka datangilah istrinya. Karena hal demikian menghilangkan apa yang terdapat dalam dirinya.

Itulah deretan dalil-dalil indah dari hadis Nabi untuk kaum muslimin agar menyegerakan pernikahan jika sudah mampu. Jangan lupa untuk memberikan ucapan pernikahan Islami untuk pasangan pengantin muslim yang menikah.