Manfaat, Cara Membuat, dan Unsur-Unsur Denah

Pengertian Denah, Fungsi, Unsur dan Cara Membaca Denah Terlengkap

Denah merupakan gambar yang menunjukkan letak kota, jalan maupun gambar rancangan rumah, bangunan dan lain sebagainya.

Bicara soal denah, dalam artikel kali ini akan coba membahas tentang denah mulai dari manfaat, cara membuat, unsur-unsurnya.

Manfaat Denah

  • Memudahkan dalam mencari lokasi

Manfaat denah yang pertama adalah untuk mempermudah pengguna dalam mencari lokasi. Sebagai contoh kita membaca denah lokasi pernikahan dalam undangan. Dengan adanya denah sehingga bisa mempermudah kita untuk menemukan lokasi tersebut meskipun kita belum pernah datang sama sekali ke lokasi. Denah yang detail dan mudah dibaca akan membuat pengguna mudah untuk mencermati dan membuat kesimpulan kira-kira ke arah mana yang akan dilalui.

  • Meminimalisir Kebingungan

Sama seperti poin yang pertama, denah yang sederhana bisa membantu mengurangi kebingungan pengguna untuk menemukan lokasi yang dicari. Hal ini tentunya akan mempermudah pengguna untuk memahami dan membuat pengguna menjadi lebih efesien, terlebih jika arah mat angin yang disematkan dalam denah jelas.

  • Sebagai alat pengukuran dalam skala pembangunan

Bukan hanya untuk memudahkan dalam mencari lokasi, denah juga bisa digunakan oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia bangunan seperti arsitek, mandor dan pekerja untuk melihat sebuah bangunan.

Dengan menggunakan denah, mereka dapat dengan mudah mengetahui dimensi bangunan mulai dari panjang, lebar maupun tinggi bangunan yang akan dibuat sehingga bisa meminimalisir kesalahan dalam pembangunan.

  • Mempermudah Instalasi

Manfaat denah lainnya adalah dapat mempermudah pengguna dalam melakukan instalasi. Sebagai contoh, dengan membaca denah rumah sehingga para pekerja bisa dengan mudah melakukan instalasi pipa air ledeng, kabel listrik, televisi, perabotan rumah tangga, dan lain sebagainya.

  • Memudahkan Jalur Evakuasi

Manfaat denah yang terakhir adalah untuk memudahkan jalur evakuasi, terutama pada denah rumah. Dalam denah rumah sakit, para pekerja medis dan menggunakan denah untuk memberikan informasi terkait jalur evakuasi bagi para medis dan pasien jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti gempa bumi, banjir, kebakaran, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Denah

Cara membuat denah sebenarnya sangatlah mudah dan bisa dibuat oleh siapa pun. Nah, untuk membuat denah, anda harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Yang pertama siapkan berbagai peralatan yang menunjang untuk pembuatan denah seperti pensil, kertas, penggaris dan penghapus.
  • Lalu pelajari lokasi yang akan digambar dalam denah. Dalam hal ini, perhatikan jalur maupun arah sesuai dengan pengetahuan anda.
  • Usai mempelajari lokasi dengan baik dan benar, anda gambar lokasi tersebut dalam kertas. Lengkapi gambar denah dengan nama bangunan, nama jalan dan beberapa komponen yang mendukung seperti arah mata angin. Hal ini dilakukan agar orang-orang bisa memahami denah yang anda buat.

Unsur-Unsur Denah

  • Judul Denah

Untuk memudahkan penggunanya maka setiap pembuatan denah harus diawali atau disertai dengan judul.

  • Adanya Gambaran Umum Lokasi

Dalam hal ini sebuah denah harus menggambarkan tempat atau bangunan secara detail. Hal ini dilakukan agar pengguna atau pembacanya paham.

  • Adanya tanda arah utara

Terdapatnya tanda arah utara merupakan satu komponen yang sangat penting dan wajib ada di dalam suatu denah.

  • Petunjuk berupa nama

Denah yang benar bukan hanya berupa gambar saja, tetapi juga menggunakan nama sebagai petunjuk suatu tempat atau barang yang terdapat dalam sebuah bangunan. Hal ini dilakukan demi mempermudah pengguna untuk mengenali apa saja yang terdapat di ruangan atau lokasi tersebut.