Beberapa Fakta Menarik Pekan Ketujuh Liga 1

BRI Liga 1 2021-2022 - Pengamat Sepakbola

Kehadiran tantangan yang berbeda dari setiap tim menjadikan pekan ketujuh Liga 1 2022-2023 berjalan dengan sangat lancar dan menarik. Jarak antara pekan keenam dan pekan ketujuh yang cukup dekat merupakan salah satu penyebabnya. Beberapa tim bahkan hanya memiliki waktu tiga hari untuk bersiap.

Akibatnya, banyak hal tak terduga terjadi. Beberapa tim tampak tidak siap dan tergelincir, dilain sisi beberapa tim lainnya justru memanfaatkan momentum ini dengan sudah menyiapkan taktis atau siasat agar semakin melejit.

Berikut rekap peristiwa unik pada pertandingan Sabtu:

  • PSM Makassar Tak Terhentikan dan Catatan Spesial Kemenangan Besar

PSM Makassar adalah satu-satunya tim yang belum kalah sejauh ini. Mereka meraih lima kemenangan dan satu hasil imbang dalam enam pertandingan yang dimainkan.

Tim berjuluk Juku Eja ini hanya bermain enam pertandingan karena pertandingan melawan Barito Putera di pekan keenam ditunda karena saat itu tim tersebut dijadwalkan untuk hadir di partai final zona ASEAN AFC cup 2022.

Meski telah melakukansaveonematch, PSM mampu berada di posisi ketiga dengan 16 poin.

Kemenangan 5-1 atas Persib Bandung menjadi kemenangan terbesar PSM sejak 13 Maret 2019. Terakhir kali mereka menang dengan selisih gol yang besar saat mereka mengalahkan Toyota Bien Vietnam dengan skor 7-3 di babak penyisihan Piala AFC 2019.

  • Rekor kemenangan Borneo FC

Saat ini Borneo FC berada di puncak klasemen liga indonesia dengan 18 poin dari 6 kemenangan dan 1 kekalahan. Selain itu, tim berjuluk Pesut Etam ini juga tercatat sebagai tren positif saat meraih 5 kemenangan beruntun.

  • Tiga Tim Biru yaitu Arema FC, PSIS Semarang danPersib Bandung kompak mengalami kekalahan di pekan ke-7.

Arema FC kalah dari Persija Jakarta 0-1, PSIS Semarang kalah dari Dewa United 1-2, sedangkan Persib Bandung ditekuk PSM Makassar 5-1.

  • Kekalahan Terbesar Persib Bandung di Liga 1 dan Tim Terapuh.

Kekalahan 5-1 Persib Bandung dari PSM menjadi kekalahan terbesar kedua Persib Bandung di Liga 1 Indonesia. Kalah dari PSM ini membuat Persib menjadi tim yang paling rapuh di Liga 1 2022-2023 dengan skor total kebobolan 18 gol. Persib telah kebobolan lebih dari 3 warga zona merah RANS Nusantara FC (17 gol), Barito Putera (16 gol) dan Persik Kediri (1 gol).

  • Kemenangan pertama RANS Nusantara FC

RANS Nusantara FC meraih kemenangan pertama mereka di Liga 1 2022-2023 pada pertandingan Sabtu pekan ini, mengalahkan Barito Putera dengan skor tipis 2-1. Kemenangan ini memberi tim ini kesempatan untuk mengejar skor di belakang untuk keluar dari zona degradasi. Tim asuhan Rahmad Darmawan itu meraih lima poin dan hanya terpaut tiga poin dari peringkat 11 PSS Sleman.

  • Persik semakin tenggelam dalam Juru Kunci

Persik Kediri menjadi satu-satunya penantang peringkat 1 yang belum merasakan kemenangan dalam tujuh pekan terakhir. Mereka hanya mampu meraih skor imbang satu kali serta menderita dengan enam kekalahan, lima diantara-Nya kalah berturut-turut. Hasil ini membuat tim yang dikenal dengan julukan Macan Putih itu semakin tenggelam dalam posisi juru kuncidengan hanya mengumpulkan satu poin. Sementara itu, untuk dapat keluar dari zona merah, merekamembutuhkan setidaknya enam poin untuk menggeser Persis Solo yang memiliki enam poin.