Cara Menghilangkan Bibir Hitam Agar Lebih Percaya Diri

5 Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Ampuh | Realfood

Mempunyai bibir yang merah merona dan sehat tentunya menjadi idaman semua orang, khususnya wanita. Terlebih bibir menjadi salah satu bagian tubuh yang membuat para wanita bisa tampil lebih percaya diri.

Sayangnya, permasalah bibir, seperti warna bibir yang merubah menjadi hitam sering kali terjadi dan tidak bisa dihindari karena ada berbagai faktor yang menyebabkannya. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bibir hitam tersebut? Simak cara menghilangkan warna bibir yang menghitam di bawah ini.

Penyebab Bibir Menghitam

Namun, sebelum membahas mengenai cara menghilangkan bibir hitam dan mencegahnya, berikut ini beberapa penyebab umum yang bisa membuat warna bibir menghitam.

  1. Paparan sinar matahari berlebih,
  2. Bibir yang dehidrasi,
  3. reaksi alergi akibat penggunaan pasta gigi, lipstik dan peralatan kecantikan lainnya,
  4. Konsumsi kafein yang berlebih,
  5. Menghisap bibir,
  6. Kehamilan,
  7. Kekurangan vitamin C,
  8. Kemoterapi.

Cara Menghilangkan Bibir Hitam dengan Mudah dengan Bahan Alami

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bibir hitam dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami:

1. Lemon

Lemon yang mempunyai sifat memutihkan dan exfoliating ini bisa digunakan sebagai inhibitor melanin. Caranya dengan menggosokkan potongan lemon secara lembut ke bibir di setiap malam sebelum tidur. Lalu, di pagi harinya, bilas menggunakan air dingin. Ulangi langkah ini setiap malam hingga hasilnya terlihat, kurang lebih selama 30 hari.

2. Jeruk Nipis

Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga mempunyai manfaat sebagai inhibitor melamin. Dimana asam pada jeruk nipis bisa menghilangkan warna hitam bibir dan mengembalikan ke warna aslinya. Caranya sendiri, oleskan campuran air perasan jeruk nipis, madu dan teh gliserin sebelum tidur. Bilas menggunakan air dingin setelah bangun tidur.

3. Lidah Buaya

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ada di dalam lidah buaya mempunyai manfaat untuk menghambat produksi melanin. Oleh sebab itu, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan warna hitam pada bibir.

Cara dengan mengoleskan gel lidah buaya segar ke bibir secara perlahan. Jika sudah kering, bilas menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin hingga Anda merasakan manfaatnya.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang mempunyai manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Nyatanya, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mencerahkan bibir. Caranya dengan mencampurkan beberapa tetes minyak xaitun dengan setengah sendok teh gula. Gosokkan campuran tersebut pada bibir secara lembut. Lakukan cara ini secara rutin kurang lebih selama satu minggu.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan bibir hitam, minyak zaitun ternyata juga berguna untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah dan kering.

5. Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk permasalah bibir yang menghitam. Caranya dengan oleskan sedikit minyak kelapa pada bibir secara merata. Lakukan cara ini secara rutin pada siang hari dan malam hari sebelum tidur untuk mendapatkan efek maksimal.

6. Banyak Minum Air Putih

Cara mudah menghilangkan bibir hitam adalah memastikan kebutuhan cairan tubuh Anda tercukupi, khususnya air putih. Sebab, mengkonsumsi air putih merupakan cara terbaik dan mudah dilakukan untuk merawat kulit, termasuk bibir. Untuk meningkatkan manfaatnya, Anda bisa menambahkan potongan buah, seperti lemon atau mentimun ke dalam air yang Anda konsumsi.

Demikianlah enam cara menghilangkan bibir hitam yang bisa Anda lakukan dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami. Dengan warna bibir yang merah merona dan sehat, Anda akan lebih percaya diri saat bertemu dengan orang banyak.